wb

Wednesday, December 23, 2009

Blog Brebes: Cara Pasang Widget Alexa di Blog

Kemarin Bang Karto telah tulis tentang alexa serta manfaat alexa terhadap blog kita. Maka sekarang saya akan bikin tulisan tentang cara pasang alexa widget di blog. Mungkin ada yang sudah pernah lihat tutorial blog ataupun semacam kursus blog yang mengulas tentang ini. Ga apa, saya tetap menulisnya karena saya juga sedang berusaha menaikkan alexa rank blog ini dan kebetulan dari beberapa tutorial tersebut seharusnya diupdate sesuai dengan kondisi alexa saat ini. Ga banyak koq, cuma sedikit perubahannya yang otomatis juga merubah beberapa alamat fitur url alexa. Oia, bagi teman yang sudah biasa dengan penambahan widget di blog mungkin artikel ini tidak ada gunanya. Bagi teman yang baru mulai ngeblog, bisa belajar tentang cara pasang alexa widget pada posting ini.

Sedikit review tentang alexa rank yang pernah saya tulis kemaren tentang apakah alexa rank atau peringkat alexa. Alexa rank membuat peringkat terhadap suatu website atau blog berdasarkan banyaknya jumlah kunjungan terhadap website atau blog tersebut dan page view-nya. Artinya, kalau pengunjung blog kamu semakin banyak berarti peringkat alexa rank nya semakin baik. Baik berati angka alexa rank semakin kecil. Jadi intinya adalah, alexa menyediakan informasi tentang trafik kunjungan suatu website atau blog. Alexa rank dapat dijadikan acuan dan parameter mengenai jumlah pengunjung yang mendatangi suatu blog yang direkam oleh Alexa.

Darimana alexa tahu tentang berapa jumlah kunjungan situs kamu? Nah, inilah hubungannya dengan memasang alexa widget di blog atau website kamu. Setahu Bang Karto ada dua cara. Yang pertama adalah dengan menginstal alexa toolbar di browser internet yang kamu pakai dan yang kedua adalah dengan memasang alexa widget pada blog kamu. Pada kenyataan saya menyadari bahwa tidak semua dari kita punya akses internet pribadi. Sebab kalo ngenet di warnet sudah tentu kamu mesti kenal dulu sama yang punya warnet untuk minta ijin menginstal alexa toolbar. Bagaimana pula dengan yang di kantor tempat kerja atau yang pakai internet gratis di kampus dan perpustakaan umum? Bakal susah ijinnya untuk instal toolbar tambahan di browser internet tersebut. Betul..?

Kalau saya kebetulan pake internetan sendiri jadi bisa diatur mana yang mau diinstal dan mana yang ga perlu dipakai. Satu lagi nih. Mungkin kamu sudah pasang alexa toolbar di browser internetmu, tapi apa yang terjadi sodara-sodara..question Ada kemungkinan browsing semakin lambat dan berat untuk membuka halaman situs yang kamu lihat. Kenapa ya? Ini karena setiap halaman blog atau website yang kamu buka akan di indeks terlebih dahulu oleh alexa yang sudah kamu instal tadi sehingga membuat loading untuk membaca halaman tersebut suka macet dan berat. Kalau bikin susah, saran Bang Karto sebaiknya alexa toolbar tadi kamu uninstal lagi. Aman, beres dan kecepatan internetanmu tidak terganggu serta kembali normal.


Nah, berhubung karena tidak semua kita punya akses untuk dapat menginstal alexa toolbar pada browser internet yang dipakai maka sebagai alternatif lainnya adalah dengan memasang alexa widget pada blog atau websitemu. Dengan begini maka alexa dapat mengumpulkan data trafik kunjungan dan data page view (jumlah halaman) yang dilihat pada blog atau websitemu. Sudah jelas toh.. So, bagi kamu yang pengen alexa rank blognya semakin baik, maka pasanglah widget alexa pada blog kamu. Bingung cara pasangnya? Langsung saja Bang Karto tuliskan. Sudah capek ya baca pembukaan yang ga ada habis-habisnya. Okelah, ini dia caranya.

Cara pasang alexa widget di blog.
langkah #1
1.Masuk ke situs alexa.com dengan mengklik For Site Owners
2.Pilih Sites Widgets yang akan memberikan tiga pilihan widgets.
Kalau Bang Del pilih yang Alexa Traffic Rank Button yang paling bawah.
3.Masukkan alamat blog kamu pada kolom yang tersedia. Contoh bangdel.blogspot.com
Lalu klik tombol Build Widget.


4.Ada tiga ukuran widget yang bisa dipilih, sesuaikan dengan selera aja.
Copy kode script sesuai pilihanmu tadi dan paste ke notepad, save di komputer.

langkah #2
1. Login ke blogger dengan ID kamu ==»» lalu klik tata letak ==»» lalu klik tab Elemen Halaman ==»» pilih HTML/JavaScript dan klik tambah.
2. Paste code yang di notepad tadi ke dalam kolom HTML/JavaScript.
3. Selanjutnya klik tombol simpan dan selesai.

Mudahkan.. Nah semoga dengan dipasangnya alexa widget pada blog kamu, maka peringkat alexa kamu semakin baik. Seperti blognya Bang Karto ini loh. Semakin hari semakin membaik peringkat alexa-nya biggrin. By the way, skrensut nya cuman dua aja. Saya belajar tentang cara pasang alexa widget dari semua sumber di internet. Semoga bermanfaat.

(Sumber: Blog Bang Del)

Penting!! Sebaiknya Anda Baca Juga Link Berikut:
@ Kumpulan Tips dan Trik Belajar, Kumpulan Rumus dan Trik Hitung Cepat Matematika
@ Kumpulan Artikel Tentang Kiamat dan Tanda-tandanya, Tentang Gempa dan tentang Sedekah
@ Kumpulan Artikel tentang Al-Quran, Kiamat, Kisah Nabi dan Sahabat dan Pernik Dakwah

0 comments:

Post a Comment

Silakan berkomentar yang baik-baik. Komentar bernada spam akan saya hapus.